Problem Kantor

5 Problem di Kantor & Solusinya

Dunia kerja juga tak luput dari intrik dan permainan politik. Inilah yang memicu timbulnya masalah. Bagaimana mengatasinya?

1. Problem: Hasil evaluasi dari Bos, negatif
Solusi: Minta hasil evaluasi itu dalam bentuk tertulis. Lalu, susun berbagai kelemahan Anda itu sehingga jelas, dan di waktu mendatang, Anda bisa memperbaiki evaluasi itu.

2. Problem: Atasan membuat kesalahan
Solusi: Bicaralah secara pribadi dengannya. Lalu, katakan dengan hati-hati bahwa ia mungkin menyimpulkan terlalu berlebihan pada estimasi proyeknya. Hindari menyebutkan bahwa ia melakukan kesalahan, karena bisa saja ia menjadi marah dan menganggap Anda berusaha merebut posisinya.

3. Problem: Teman dipromosikan menjadi atasan
Solusi: Segera memberi selamat, dan dalam urusan pekerjaan, perlakukan dia seperti Anda memperlakukan bos Anda yang lain. Jangan mentang-mentang teman, Anda bertingkahlaku seenaknya dan tidak memberi respek. Ingat, diangkatnya dia sebagai bos menyatakan bahwa paling tidak orang lain memandang ia ‘lebih baik’ ketimbang Anda.

4. Problem: Anda dan sahabat jadi kandidat sebuah jabatan
Solusi: Teman memang teman, tapi urusan pekerjaan harus ditangani secara profesional. Datangi bos, dan mintalah wawancara khusus. Bila ia menolak, berikan cover letter dan resume. Bila ia setuju, berbusanalah dengan baik sambil membawa resume, dan tanyakan pada bos, kriteria apa saja yang diperlukan untuk mengisi posisi itu. Tunjukkan pula kesanggupan Anda untuk melakukannya.

5. Problem: Bos tidak menyukai Anda
Solusi: Minta waktu berdua untuk bicara dan tekankan pada bos Anda bahwa Anda berusaha melakukan yang terbaik untuk perusahaan. Tulis apa saja yang bos harapkan Anda lakukan, dan kerjakan semua hal itu dengan konsekuen, selama sesuai dengan peraturan kantor. Bila pada waktu evaluasi berikutnya Anda tetap saja dinilai tidak berkembang, pertanyakan. Kalau sikap si bos tak berubah, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan di tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: