Indonesia ku Tanah Air Ku

Sering kali saya mendengar, orang-orang selalu menghujat, menjelek-jelekan bangsa sendiri, terkadang sikap pesimistis terhadap bangsa sendiri bergitu besar, dan hal ini tidak hanya dilakukan oleh rakyat biasa, bahkan pejabat, seorang intelektual, terkadang menghujat bangsa sendiri.

” ah payah Indonesia seperti ini” sungguh menggugah hati saya, kita sering menjelek-jelekan kelemahan bangsa ini, tapi sadarkah kita hidup dimana, kita mencari rejeki dimana, dimana keluarga kita berada¡Ä satu jawabnya adalah Indonesia.

Terkadang orang menjelekan negara Indonesia, tapi sadarkah kita beruntung hidup di bumi Indonesia dalam keadaan seperti ini, seperti layaknya sebuah manusia, bangsa Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti biasa orang hanya memperhatikan kekurangan bangsa ini.

Sadarkah, di negera Indonesia tercinta ini kita hidup merdeka, terlepas dari ketakutan-ketakutan , tidak seperti beberapa negara tetangga kita, seperti Myanmar yang rakyatnya hidup dalam ketakukan, tidak merdeka, mereka di jajah pemerintahnya sendiri, dan banyak negara yang seperti itu, tidak kah ini suatu anugerah tinggal di Indonesia, karena kemerdekaan adalah awal dari kreativitas.

Di Indonesia kita memiliki banyak etnis, suku bangsa, tetapi tidak ada diskriminasi seperti di Malaysia mereka hanya terdiri dari 3 suku bangsa utama, India, melayu dan china, tetapi etnis minoritas merasa di tekan dalam kehidupannya, kita di Indonesia tidak ada namanya suku minonritas, karena kita memiliki Bhineka Tunggal Ika, karena kita mengakui keragaman, kita bangsa Indonesia bisa tidak mendeskriminasikan suku-suku tertentu. Semua bebas mendapat fasilitas dan kesempatan yang sama. Kita banyak memiliki suku bansa suku aceh, dayak, papua, jawa, bali, batak, ambon, cina dan lainya. Kita hidup dalam kerukunan yang indah. Inilah kelebihan Indonesia.

Kadang kita mengeluh negara lain lebih maju lebih cepat, benar memang Malaysia, singapura bisa berkembang lebih cepat kenapa kita lihat dari luas wilayah, mereka bisa lebih maju karena yang mereka bangun lebih sedikit, dan kita harus membangun luas wilayah yang luas dengan dipersatukan lautan yang luas, maka mungkin pembangunan di Indonesia memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi di beberapa kota telah berkembang dengan baik, jadi jangan terlalu menyalahkan pembangunan yang lambat, dengan luasnya negera Indonesia biaya untuk membangun, lama waktu membangun akan lebih lama dan lebih besar.

Terkdaang orang yang menghujat, atau pesimistis terhadap Indonesia hany bisa memberi kritik, ketika saya bertanya kepada beberapa sahabat yang sering mengkritisi tentang Indonesia, memang solusinya seperti apa, dan hanya tergagap dan lebih sering berkata “tidak tahu”, kalau tidak tahu akan solusi, kenapa harus mengeluh, boleh mengkritik, kalau kita memiliki solusi dari yang kita kritik.

Di Indonesia kita memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapat dengan bebas tanpa rasa takut, di beberapa negara komunis, china, rusia, beberapa negara Asean di negara yang dibilang lebih maju di Malaysia, Thailand, Singapura, tidak terdapat kebebasan mengmukan pendapat.

Walau memang tidak lepas dari kekurangan yang dimiliki, saya bangga menjadi warga negara Indonesia, karena Indonesia sedang membangun, dan disini lah kita dilahirkan, menjalankan kehidupan,, dan mungkin kita akan dimakamkan di bumi Indonesia tercinta. Jadi jangan hanya bisa mengkritik Indonesia, mari kita bangun Indonesia dengan pemikiran kita sebagai rakyat. Karena Right or wrong Indonesia is my countrym, karena Indonesia adalah bangsa yang besar, bermartabat dan terhormat.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: