Pentingnya Air

Pentingnya Air untuk Kebugaran Tubuh

Ingin tahu aksesori terpenting saat kita berolahraga? Asal tahu saja, jawabannya bukan sneakers, bukan pula topi ataupun ikat kepala! Lantas apa ya?

Percaya atau tidak kalau botol minuman-lah yang menjadi jawabannya. Kenapa? Karena air merupakan unsur penting yang amat dibutuhkan tubuh.

Wong nggak sedang berolahraga saja kita butuh yang namanya air kok. Yang sehari-harinya berfungsi membantu proses pencernaan, sirkulasi, serta mengatur suhu tubuh.

Apalagi kalau tengah berolahraga, bukan? Soalnya, ketika keringat sedang mengucur deras, maka tubuh ini akan menghabiskan cairan tubuh lebih cepat dari biasanya. Karena itulah air menjadi begitu penting dan perlu.

Nah, mungkin ada sudah banyak mengerti sejauh mana pentingnya air bagi tubuh. Namun sudahkah Anda memperlakukan air tersebut secara bijak? Jika belum, barangkali bisa diikuti empat langkah bijak memperlakukan air berikut ini:

1. Minumlah tanpa harus menunggu kehausan. Karena, tubuh kita ini butuh banyak air untuk memelihara kondisi normal tubuh. Bukan apa-apa, kemungkinan terjadinya dehidrasi di saat kelelahan ataupun panas terik itu, besar sekali lho. Makanya, pastikan Anda telah minum cukup air setiap harinya.

2. Mengganti cairan yang keluar. Biasanya setelah berolahraga, sejalan dengan berkurangnya timbangan banyak juga cairan tubuh yang keluar, utamanya melalui keringat. Karenanya gantikan cairan yang hilang tersebut segera mungkin. Caranya? Minumlah dua gelas air per setiap pond (2,2 kg) berat badan yang turun.

3. Banyak buang air kecil? Nggak apa-apa kok. Soalnya, seseorang yang minum dengan jumlah sesuai ketentuan (sekitar 8 gelas seharinya), biasanya akan banyak memproduksi urine. Jadi nggak perlu khawatir akalu Anda sering beser. Karena itu pertanda dalam tubuh Anda cukup kandungan airnya.

4. Sebelum berolahraga jangan lupa minum. Bagi mereka yang ingin melakukan aktivitas olahraga dengan tingkat aerobik cukup tinggi, ada baiknya minum segelas air pada saat 15 hingga 30 menit sebelum aktivitas tersebut dilakukan. Cara ini apalagi kalau bukan untuk menghindari dehidrasi selama aktivitas berlangsung. Maklum, dehidrasi merupakan salah satu penyebab terjadinya kram, lho.

Satu Tanggapan

  1. Air memang penting dalam kehidupan kita…
    Allah SWT pernah berfirman di dalam Alquran surah al-anbiya’ ayat 30 yang mafhumnya : “Kuhidupkan sesuatu dengan air”….
    Walaupun demikian kita mesti berhati-hati ketika minum air..
    sebab air ini boleh membina badan dan boleh merusakkannya. Untuk itu kita perlu mengetahui kwaliti air sebelum kita meminumnya…
    Menurut pendapat saya air itu dibahagikan kepada tiga kategori…

    1. Air yang ber-pH 1 hingga 6 ialah air yang bersifat Acid
    2. Air yang ber-pH 7 ialah air yang bersifat Neutral
    3. Air yang ber-pH 8 hingga 14 ialah air yg bersifat Alkali

    Dari tiga kategori diatas maka air yang bersifat alkali yang paling baik kita asumsikan.. Kenapa :
    1. Perut kita adalah acidic based
    2. Air Zamzam bersifat alkali
    3. Alkali bolih menetralkan acid yang berlebihan di dalam badan kita.
    4. Air yang bersifat alkali umumnya ada mengandung anti oksida yang bolih melawan radikal bebas yang sentiasa tereproduksi dari dalam badan kita selama 24jam…

    Jenis-jenis acidic water :
    1. RO (Reverse Osmosis) ber pH dibawah 6
    2. Distilled Water ber pH dibawah 6
    3. Carbonated Drink (Cocacola ect)
    4. Minuman keras
    Ketiga-tiga jenis air di atas bila diasumsi secara berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit didalam tubuh badan kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: