Penetrasi Pasar

Salah satu kelemahan perusahaan Agro industri Indonesia adalah keterbatasan kemampuan dalam melakukan penetrasi pasar. Banyak ekportir Indonesia yang hanya menjaga gawang, menunggu order dari clon importer, dan faktor biaya biasanya dijadikan alasana ataupun kambing hitam.

Bagi perusahaan yang ingin meningkatan penetrasi pasar di dunia International, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Interaksi dengan Internet
Dunia sekarang ini tampak begitu dekat dengan kehadiran Internet, kita dapat mengetahui berbagai informasi dengan adanya internet. Pemanfaatan internet dengan membangun website atau memanfaatkan email secara progresif merupakan awal yang relatif murah meriah untuk melakukan penetrasi pasar global. Bagi exportir termasuk yang beromzet kecil, mempunyai website sendiri ataupun bergabung dalam situs bersama seperti http://www.alibaba.com, atau http://www.indonesia-product.com

2. Kehadiran di Pameran
Keikutsertaan di pameran export di dalam negeri seperti pameran khusus produk tertentu di luar negeri merupakan langkah penetrasi yang lebih efektif karena memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan calon buyer.
Kehadiran dipameran membutuhkan persiapan matang sehingga biaya yang dihasilkan dapat balik modal. Kehadiran di pameran membutuhkan persiapan matang sehinnga biaya yang dikeluar balik modal dan memberikan hasil sepadan. Mulai dari pemilihan

Satu Tanggapan

  1. Aku juga mau ikut bazar di Fisip UI nih ..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: